Tips & Trick Untuk Merawat Hardware & Software Komputer

Komputer sudah menjadi alat elektronik yang tidak bisa lepas dari manusia. Hal ini dikarenakan manusia sangat membutuhkan komputer untuk memudahkan manusia. Selain itu, komputer juga menjadi alat elektronik yang istimewa karena hampir seluruh elektronik sudah ada di komputer seperti tv, radio, dsb. Selain membantu manusia, komputer juga menjadi alat yang gunanya untuk menghibur manusia dikarenakan komputer sendiri dapat memainkan game. Game sudah menjadi alat yang mutlak untuk membuat seseorang untuk menghilangkan stresnya walaupun sejenak. Oleh karena itu, di zaman sekarang hampir sedikit manusia yang tidak memiliki komputer dikarenakan kegunaannya yang banyak. Walaupun komputer terlihat sangat super, tetapi komputer tetap alat elektronik sehingga perlu adanya perawatan yang baik untuk komputer agar komputer awet.

Untuk membahas perawatan secara mudah, perawatan komputer dibagi menjadi dua bagian, yaitu perawatan di perangkat keras dan perawatan di perangkat lunak. Berikut merupakan perawatan komputer di perangkat kerasnya :

Menggunakan tegangan listrik yang stabil

Cara yang sangat mudah untuk merawat komputer untuk yang pertama adalah menggunakan tegangan listrik yang stabil. Hal ini dikarenakan komputer merupakan alat elektronik yang membutuhkan daya listrik sebagai daya bangkitnya. Namun, terdapat permasalahan yang ada di listrik Indonesia dikarenakan banyak listrik yang tidak stabil sehingga untuk mengurangi dampak listrik yang tidak stabil. Penggunaan Stabilizer dan UPS diperlukan supaya ketika listrik down / over high alat ini dapat menstabilkan listrik.

Mematikan komputer dengan benar

Cara mematikan komputer juga menjadi salah satu metode yang penting agar komputer menjadi awet. Hal ini dikarenakan komputer membutuhkan waktu agar sebuah komponen perangkat keras dapat berhenti dengan baik sehingga jika komputer dimatikan secara langsung hal ini dapat berdampak ke perangkat keras.

Menggunakan Pendingin Komputer

Perangkat keras yang bekerja terus dapat menyebabkan panas yang sangat tinggi. Perangkat keras yang panas berpengaruh kepada kinerja sehingga dapat membuat lemot pada komputer. Maka dari itu, menggunakan pendingin yaitu fan didalam CPU (Central Unit Process) menjadi salah satu cara yang efisien dalam mendinginkan perangkat keras. Selain itu, penempatan di tempat dengan ruangan yang sejuk juga dapat membantu.

Berikut merupakan contoh cara untuk merawat komputer melalui perangkat keras. Selanjutnya, kita akan mengetahui lebih lanjut cara merawat komputer melalui perangkat lunak. Berikut merupakan caranya :

1.       Aplikasi Original

Aplikasi original juga dapat membantu agar perangkat lunak menjadi awet. Hal ini dikarenakan dengan adanya aplikasi original dipastikan virus tidak mungkin ada pada aplikasi itu berbeda dengan aplikasi yang didownload yang sudah ada potensi besar terdapat virus di aplikasi install tersebut.

 2.       Antivirus yang baik

Antivirus juga menjadi salah satu cara untuk merawat perangkat lunak. Hal ini dikarenakan dengan adanya antivirus dapat membantu sistem untuk mendeteksi virus serta menghapus virus tersebut. Selain itu, antivirus juga membantu mencegah virus masuk ke perangkat lunak (software)

3.       Memanage Aplikasi

Mengatur aplikasi juga sama pentingnya untuk merawat perangkat lunak. Hal ini dikarenakan aplikasi yang banyak dapat mengurangi kinerja dari sistem (Software) dalam mengakses komputer. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya dapat menghapus aplikasi yang tidak penting sehingga memberikan ruang memori untuk sistem agar dapat bekerja dengan maksimal

Itu dia informasi singkat mengenai merawat komputer. Kesimpulannya adalah komputer merupakan alat elektronik yang membutuhkan perawatan. Perawatan tersebut terbagi 2 macam yaitu perawatan perangkat keras dan perangkat lunak.

Leave a Comment